Sejarah Komputer

sejak dahulu pengolahan data dilakukan oleh manusia. Semakin meningkatnya zaman maka manusia semakin meningkat pemikirannya, sehingga manusia dapat menciptakan alat-alat mekanik dan elektronik yang dapat membantu manusia dalam melakukan pengolahan data semakin cepat. Komputer yang kita temui sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantarannya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi.

Jangan Musuhi Lemak

Lemak seringkali diidentikkan sebagai penyebab bertambahnya berat badan. Namun, tak selamanya lemak menjadi penyebab banyak orang mengalami obesitas. Bagi anak-anak dan dewasa, asupan lemak yang ideal sangat dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Khusus bagi anak-anak, lemak seperti asam lemak esensial sangat dibutuhkan sebagai nutrisi tumbuh kembang anak yang optimal.

Memberikan asam lemak esensial sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak wajib diberikan, karena selain berpengaruh pada pertumbuhan fisik, asam lemak esensial juga merupakan komponen pembentukan sel membran yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel.

Menghilangkan Tanda Sortcut

Setelah kita menginstall system operasi, kita pasti menginstall aplikasi-aplikasi lain. Dan setelah kita menginstallnya maka akan tampil di desktop, namun ada tanda centangnya pada shortcut aplikasi tersebut. Nah, tanda shortcut tersebut dapat dihilangkan. Carannya sangat mudah untuk menghilangkannya.

Efect Banyak tidur

Anda pasti sudah mengetahui bahwa kurang tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan psikologis. Ternyata, terlalu banyak tidur juga bisa menimbulkan dampak yang sama.

Penelitian menunjukkan tidur lebih dari 6 hingga 8 jam dapat menurunkan harapan hidup orang dewasa sebesar 17 persen. Lalu, menurut ahli medis asal India, Dr. Prakash Lulla tidur terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes, hipertensi, migrain, dan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Minggu, 13 Maret 2011

Mengenal Komputer

MENGENAL KOMPUTER
PENGERTIAN KOMPUTER
Pertanyaan seperti itu merupakan pertanyaan yang pendek, namun untuk menjawabnya memerlukan uraian yang cukup panjang. Sekalipun orang tersebut telah mengenal computer, akan cukup pusing untuk menjelaskan pada orang yang belum tahu.
Menurut kamus arti dari kata computer adalah mesin yang digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan matematika. Tak jarang juga orang menyebut computer adalah mesin yang bisa berpikir. Kata komputer berasal dari kata kerja “to compute” yang artinya menghitung.
Para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
  • Menurut Hamacher , komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  • Menurut Blissmer , komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    °         menerima input
    °         memproses input tadi sesuai dengan programnya
    °         menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
    °         menyediakan output dalam bentuk informasi
  • Sedangan Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
SEJARAH KOMPUTER
Komputer yang kita kenal sekarang ini, telah melewati berbagai perkembangan, serta memiliki lembaran sejarah yang sangat panjang. Perkembangan komputer ini sejalan dengan pengembangan dari ilmu matematika, tanpa matematika komputer tidak akan muncul karena tanpa matematika, manusia tidak akan pernah mengenal bilangan serta perhitungan-perhitungan.
Antara tahun 1900 bangsa yunani telah menemukan adanya potongan mesin kuno yang terpendam dalam waktu cukup lama didasar laut Aegea, kurang lebih 2000 tahun. Perkembangan mesin hitung ciptaan John Napier sekitar abad 17, yang hanya dipakai untuk perkalian saja. Sekitar tahun 1642, Blaise Pascal seorang ahli matematika bangsa Perancis, menemukan mesin hitung yang dapat bekerja dengan system penambahan dan pengurangan, tanpa system perkalian dan pembagian. Tahun 1673 mesin buatan Pascal ini disempurnakan oleh Gottfried Wilhelm Von Leibniz, pada usia 25 tahun yang mana mesinnya diperoduksi pertama kali di tahun 1964.
Charles Bebbage, seorang ahli matematika bangsa Inggris, meletakkan dasar computer dengan membuat mesin yang dikenal dengan nama : Difference Engine. Mesin ini hanya digunakan untuk perhitungan table-tabel matematika. Kemudian beliau menciptakan mesin lain yang dikenal dengan nama Analytical Engine, yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam kalkulasi. Pertemuan Charles Bebbage ini pada tahun 1936, disempurnakan oleh Profesor Howard yang bekerja sama dengan para peneliti lainnya, sehingga berhasil menciptakan mesin computer pertama pada tahun 1944.
Pembagian computer menurut urutan generasinya:

a.      Komputer Generasi Pertama (1943-1955)


Pada Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Pada masa awal perang, kapal-kapal selam Jerman bernama U-Boat menggunakan pesan-pesan yang telah disandi menggunakan alat yang disebut ENIGMA untuk dikirim ke pusat komando. Pada awalnya ENIGMA dirancang oleh seorang penemu amatir dan mantan presiden Amerika Serikat, Thomas Jefferson. Selain itu pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pada tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia ENIGMA yang dinamakan COLOSSUS. Ahli matematika Inggris, Alan Turing membantu merancang mesin ini. Mesin COLOSSUS ini dapat dicatat sebagai komputer digital elektronik pertama di dunia. Di Amerika pada saat itu juga dihasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy dengan nama Mark I.
Perkembangan komputer selanjutnya adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 1.500 relai, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Dengan komposisi tersebut, komputer ini memiliki bobot 30 ton dan membutuhkan daya 160 kilowatt. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim  University of Pensylvania dalam usaha membangun konsep desain. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) versinya sendiri dengan nama IAS pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Arsitektur komputer Von Neumann ini akan menjadi dasar hampir semua komputer digital lebih dari setengah abad kemudian, bahkan hingga saat ini.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. 
Gambar 1 Model kerja komputer Von Neumann
Komputer Generasi pertama mempunyai karakteristik instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

a.      Komputer Generasi Kedua (1955-1965)


Pada tahun 1948 diciptakan transistor di Laboratorium Bell oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley. Mereka menerima hadiah nobel di bidang fisika pada tahun 1956 untuk penemuan ini. Penemuan ini sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Komputer transistor pertama dibuat di Laboratorium Lincoln, MIT, sebuah mesin 16 bit dengan nama TX-0 (Transistorized eXperimental Computer 0). Perkembangan selanjutnya adalah dengan munculnya PDP-1 pada tahun 1961. Mesin ini mempunyai word 18 bit sebanyak 4K dan waktu siklus 5 µsecond.
Selanjutnya juga telah dibuat mesin 12 bit bernama PDP-8 yang lebih murah daripada PDP-1. PDP-8 telah melakukan informasi besar, yaitu memiliki bus tunggal bernama omnibus. Bus adalah kumpulan kabel-kabel paralel yang digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen sebuah komputer. Arsitektur ini sangat berbeda dengan mesin IAS yang berpusat pada memori dan arsitektur ini diadopsi oleh hampir semua komputer kecil.
Gambar 2 Model komputer PDP-8
 
IBM juga menciptakan komputer versi 7090 dan 7094 yang memiliki waktu siklus 2 µsecond, 32 K memori ini, dan word dengan panjang 36 bit. Pada tahun 1964, sebuah perusahaan yang baru berdiri Control Data Corporation (CDC) memperkenalkan komputer 6600, sebuah mesin yang mendekati ideal dan lebih cepat dari 7094. Mesin ini dapat melakukan 10 instruksi yang dijalankan pada saat yang sama.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

a.      Komputer Generasi Ketiga (1965-1980)


Penemuan rangkaian terpadu (integrated circuit - IC) dari silikon oleh Robert Noyce pada tahun 1958 memungkinkan dimasukkannya lusinan transistor pada satu keping chip tunggal. Teknologi ini memungkinkan untuk pembuatan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih murah dibanding komputer yang menggunakan transistor.
Pada masa ini IBM memperkenalkan jalur produk tunggal dengan nama Sistem/360 untuk menggantikan model 7094 dan 1041 yang tidak saling kompatibel. Komputer ini berbasis pada rangkaian-rangkaian terpadu yang dirancang untuk keperluan perhitungan ilmiah dan komersial. Komputer 360 memperkenalkan kemampuan multiprogramming dimana memiliki beberapa program dalam memori, sehingga ketika satu program menunggu selesainya input/output, program lain dapat melakukan perhitungan. Komputer 360 dibuat dalam beberapa model untuk beberapa kebutuhan, yaitu:
 
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

a.      Komputer Generasi Keempat (1970-sekarang)


Pada tahun 1980-an, Very Large Scale IC (VLSI) memungkinkan pemasangan puluhan ribu sampai ratusan ribu transistor ke dalam satu chip tunggal. Bahkan dengan teknologi Ultra-Large Scale Integration (ULSI) jumlah tersebut meningkat sampai jutaan transistor. Perkembangan ini menyebabkan lahirnya komputer dengan ukuran semakin kecil den kecepatan yang semakin tinggi. Dengan lahirnya komputer mini, maka sebuah instansi dapat memiliki komputer sendiri karena harganya yang menjadi jauh lebih murah. Pada masa ini, era komputer pribadi (Personal Computer atau PC) dimulai.
Komputer-komputer pribadi pertama biasanya dijual secara terpisah-pisah antara satu komponen dengan komponen lain, sehingga semua spesifikasinya tergantung pembeli. Prosesor yang dipakai saat itu adalah intel 8080 dan sebuah sistem operasi CP/M yang ditulis oleh Gary Kildall. Satu perangkat komputer pribadi terdiri atas sebuah prosesor, sejumlah kabel, sebuah power supply, dan floppy disc 8 inci.
Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan komputer pribadi untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD K6, Athlon, Duron, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Komputer pribadi pertama yang lain adalah Apple yang dirancang oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Mesin ini sangat populer di kalangan pemakai komputer di rumah dan di sekolah-sekolah hingga Apple menjadi sangat terkenal dalam waktu singkat.
Seiring dengan bertambah populernya komputer, maka komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, perangkat lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan Local Area Network (LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.


 Komputer Masa Depan

Generasi ke-4 belum mencapai puncaknya. kini telah dikembangkan lagi suatu model komputer baru yang disebut komputer masa depan. Gambarannya kira - kira seperti di film matrix releoded. Dimana untuk mengoperasikannya kita tidak memerlukan alat bantu yang membuat ribet macam monitor, keyboard, casing. kita hanya menggunakan suatu alat yang dapat menghasilkan tampilan visual hologram alat - alat input komputer yang dapat kita operasikan dimanapun kita berada. dengar - dengar Jepang negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima telah membentuk Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk merealisasikannya.

MANFAAT KOMPUTER

Manfaat komputer kini telah sedemikian luas, sehingga hamper seluruh bidang dalam kehidupan manusia terjangkau oleh mesin ini. Dalam bidang teknologi kontruksi, angkasa luar, dan sebagainya computer begitu dominan pengaruhnya sehingga lancer tidaknya suatu proyek tergantung canggih atau tidaknya computer yang digunakan.

Dibidang kesehatan, dengan pertolongan computer telah diciptakan pisau bedah yang presisinya sangat tinggi. Selain itu lokasi kelainan pada otak dapat diketahui dengan penyajian gambar dari berbagai irisan sehingga kelainan tersebut cepat diatasi.

Dalam bidnag perkantoran, tak dapat disangkal dengan computer masalah arsip bukan masalah yang rumit, pendapatan pegawai, system pengambilan keputusan dalam menentukan kuota produksi dan masih banyak lagi yang dapat ditangani mesin ini.

Adapun manfaat lain dari computer diantaranya:

    Jika dulu ngetik pakai mesin ketik nggak bisa diedit sekarang bisa.
    Dapat mengedit bahakan memberikan efek gambar sesuka hati.
    Dapat menyimpan dan dengerin MP3 kesukaan
    Dulu jika ngirim surat bisa berhari-hari. Pakai email bisa hanya dalam hitungan milidetik.
    Dapat melakukan pekerjaan administrasi yang jauh lebih mudah dan efisien.
    Mempermudah menyampaikan materi pelajaran.

Referensi:

Sulistyaningsih, Sri. 1984. Mengenal Teknik Dasar Komputer. M2S : Bandung

ristyawati.staff.jak-stik.ac.id/files/pengantar-teknologi%5B6%5D.doc

makmun.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../komputer+c.doc

agussuyadi.files.wordpress.com/.../manfaat-komputer-dalam-pembelajaran.doc

muhammadhalimrajabelkarim.student.umm.ac.id/.../student_blog_article_94.doc

bagas.student.umm.ac.id/download-as-doc/student_blog_article_11.doc

leomaisa.net76.net/.../Pengenalan%20Teknologi%20Komputer%20dan%20Manfaatnya.doc

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

Gojin's Blog Copyright © 2009 REDHAT Dashboard Designed by SAER


login